1339572698781

ASEAN??

Apa itu ASEAN??? ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast ASIAN Nations atau perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara. ASEAN merupakan organisasi kawasan yang mewadahi kerjasama antar Negara di Asia Tenggara sejak tahun 1967.

Sambil mengingat baca buku SD pelajaran Ilmu Pengantar Sosial (IPS), yuk kita kenali ASEAN. Indonesia memiliki peran penting dalam terbentuknya ASEAN. Kantornya aja ada di Indonesia, masak kita sebagai masyarakat Indonesia tidak tahu apa itu ASEAN??

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok (Thailand) oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Pendirian  itu ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok yanh isinya anatara lain:

  • Mempercepat pertumubuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara
  • Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
  • Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik,ilmu pengetahuan, dan administrasi
  • Memelihara kerjasama yang erat di tengah – tengah organisasi regional dan internasional yang ada
  • Meningkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara

Searah dengan berbagai kemajuan yang telah dicapai, lima Negara diluar Negara pemrakarsa berkeinginan bergabung bersama organisasi ASEAN, diantaranya Negara:

  1. Brunei Darusalam resmi menjadi Negara ASEAN ke-6 tanggal 7 Januari 1984
  2. Vietnam resmi menjadi Negara ASEAN ke-7 tanggal 29-30 Juli 1995
  3. Laos dan Myanmar resmi menjadi anggota ke-8 dan ke-9  ASEAN tanggal 23-28 Juli 1997
  4. Kamboja menjadi Negara ASEAN -10 ASEAN tanggal 30 April 1999

 Upaya dalam mengembangkan Negara ASEAN dengan membentuk KOMUNITAS ASEAN 2015

Setiap negara ASEAN tengah mempersiapkan generasi muda mereka guna menghadapi ASEAN Community 2015. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan berbagai negara anggota ASEAN untuk mempelajari bahasa maupun budaya satu sama lain.

ASEAN mengalami perkembangan dari masa ke masa sesuai dengan cita-cita para pendiri ASEAN yaitu menjalin persahabatan dan kerjasama menciptakan wilayah yang aman, damai, dan makmur. Untuk mencapai semua itu, ASEAN mengesahkan Bali Concord II pada KTT ke-9 ASEAN  di Bali tahun 2003 yaitu, menyepakati pembentukan Komunitas ASEAN (ASEAN community).  Terdapat tiga pilar Komunitas ASEAN, terdiri atas;

  1.  ASEAN Political Security Community (APSC),
  2. ASEAN Economic Community (AEC),
  3. ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC).

Ketiga pilar Komunitas ASEAN tersebut terikat secara erat dan saling memperkuat untuk mewujudkan perdamaian, kestabilan, dan kesejahteraan bersama yang abadi.

g

Salah satu tujuan utama ASEAN ialah membentuk sebuah komunitas ASEAN yang tidak hanya meminta partisipasi negara-negara anggotanya saja, tetapi juga merangkul individu-individunya, dengan karakternya sebagai berikut; semakin meningkatkan keterkaitan dan interaksi di bidang politik dan organisasi, menciptakan sebuah basis pasar tunggal yang memungkinkan orang, barang, jasa, dan modal bebas mengalir, dan yang terakhir menciptakan sebuah masyarakat yang lebih peduli dalam pembangunan pendidikan, sosial, SDM, kesehatan, kebudayaan, dan perlindungan lingkungan.

Komunitas Blogger ASEAN siap mewujudkan KOMUNITAS ASEAN 2015

sa

Komunitas Blogger ASEAN pada tanggal 10-12 mei 2013 telak mengadakan acara ASEAN Blogger Festival 2013 di Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Saya termasuk peserta dalam acara tersebut, padamulanya saya belum banyak mengenal ASEAN apa lagi Komunitas Blogger ASEAN. Kini saya memahari peran Komunitas ASEAN 2015 untuk membangun Negara-negara ASEAN yang lebih baik. Indonesia sebagai tuan rumah dalam acara ABFI tersebut dan mendatangkan para Komunitas Blogger ASEAN dari Negara-negara tetangga, missal: Malaysia, Thailand, Singapura, Brunei Darusalam, Myanmar, Vietnam, Laos, Kamboja, Filipina.

Pengalaman yang mungkin tak bisa saya lupakan ketika saya menjadi Komunitas Blogger ASEAN, saya bangga dengan Indonesia yang telah mempersiapkan menuju Komunitas ASEAN 2015. Begitu juga upaya dari Negara lain seperti Filipina yang telah mengirimkan 1.000 mahasiswanya untuk belajar bahasa Indonesia di Universitas Jember (UNEJ). Indonesia optimis dalam menyambut Komunitas ASEAN 2015 nantinya, hal ini disampaikan oleh Dirjen Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Dubes I Gusti Agung Wesaka Puja dalam berita online AntaraNews “Kita memiliki sumber daya manusia (SDM) yang luar biasa, sehingga kita tidak perlu ada kekhawatiran. Bahkan, kita pasti akan mampu menghadapi persaingan”. Beliau juga menyatakan dengan tegas mengajak masyarakat Indonesia berperan aktif dalam menyambut Komunitas ASEAN 2015  “Kita harus mampu memanfaatkan komunitas ASEAN 2015 ini sebagai sesuatu yang positif, baik di bidang ketenagakerjaan, perekonomian maupun pasar produk yang potensial. Kita tidak perlu khawatir akan bersaing dengan negara-negara ASEAN,”.

Ayo kita sebagai masyarakat Indonesia harus siap menghadapi Komunitas ASEAN 2015 nantinya, kita kenali ASEAN untuk sekarang dan yang akan datang. ASEAN “Satu Misi, Satu Identitas, Satu Komunitas (One Vision, One Identity, One Community).”