Hari ini, Selasa 13 November 2012 proyek pasca panen dimulai, pengolahan teh yang diwakili oleh dua kelompok. Teh didapatkan dari PT. PN VIII Gunung Mas Puncak. Ini merupakan kegiatan Praktikum pada mata kuliah Pasca Panen tanaman pertanian. Setiap mahasiswa yang tergabung dalam kelompok akan di bagi proyek yang akan dikerjakan, misal pada kelompok saya adalah proyek pengolahan teh hijau.

Teh diambil pada hari Senin jam 10 pagi hingga jam 5 sore, setiap kelompok mendapatkan 20 kg teh petik. Teh yang sudah dipetik ditaruh karung dan ditutup. Setelah semalam di tutup dan tidak di ratakan teh menjadi coklat sebelum proses pelayuan. Proyek pengolahan teh dimulai dengan analisis pucuk daun teh yang dilaksanakan di Cikabayan. Setelah semuanya dianalisis teh diolah di F-technopark Fakultas Teknologi Pertanian, alhamdulilah ada juga alat pengolahan teh, sehingga kami tidak jadi menggunakan alat sederhana yaitu nyangrai sendiri :)

Alat yang ada di FATETA sudah termasuk canggih walau agak jadul, hehe :) Proses pengolahan berjalan cepat, awal pengolahan saat di FATETA adalah dengan melayudan daun dengan cara menguapkan daun teh sebanyak satu kali, setelah di uapkan daun di rolling di mesin pemutar yang tujuannya untuk mengeringkan daun dan mengurangi kadang air daun selama 15 menit. Stetal di rolling daun teh di taruh pada alat penggelintingan, dimana fungsinya agar daun teh mengelinding selama 15 menit. dan proses tahapan terakhir adalah pengovenan, pengovenan dilaksanakan 1-2 jam hingga daun kering dan berbau harum.

Setelah daun teh kering dianginkan di ruang AC agar teh tidak terlalu kering, jika teh terlalu kering maka menimbulkan banyak karbon. Setelah dianginkan semalam teh siap dikemas sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Teh terasa nikmat jika dihidangkan dengan air hangat dan jamuan gorengan lainnya. :)
Semoga apa yang dilakukan hari ini memberikan manfaat yang sangat besar, amin :)

Proses Pelayuan atau Pengasapan
Mesin Roller, Untuk Pengeringan
Mesin Penggelintingan Daun Teh
Pemindahan Dari Proses Penggelintingan ke Proses Pengovenen
Teh Siap DI Oven
Teh Mulai Kering saat Proses Pengovenan