kikl
Pengen sharing tentang kacang,
kacang??? kacang lagi kacang lagi…
memang gak ada habisnya tentang komoditas tersebut.

Kacang tanah menjadi tanaman pangan terpenting ke tiga setelah padi dan kedelai lho… tau ngga sebelumnya? komoditas ini memang gak sesering yang kita lihat seperti padi namun banyak masyarakat di Indonesia yang memanfaatkan sebagai bahan campuran makanan seperti pecel sayur, gado-gado, rempeyek kacang, bahan baku industri seperti kacang dua kelinci, garudafood, dll, serta banyak digunakan sebagai bahan pakan ternak. Pada bahan ternak kebanyakan menggunakan limbah atau kulit serta kacang yang rusak. Bahkan yang trend sekarang kulit kacang tanah dapat digunakan sebagai media tanam, karena mengandung ca yang cukup untuk tanaman.

Otomatis dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia yang kian tahun kian bertambah akan mempengaruhi permintahan bahan pangan termasuk kacang tanah, padahal produksi kacang tanah di Indonesia masih sangat rendah bahkan belum dapat mencukupi kebutuhan kacang tanah nasional. Pengen tahu produksi kacang tanah Indonesia?? menurut data BPS produksi kacang tanah Indonesia pada tahun 2012 sebesar 705.063 ton sedangkan kebutuhan kacang tanah nasional tahun 2012 sebesar 831.877 ton, lha terus kurangane piye? ya impor leh leh… betul negara harus mengimpor kacang tanah dari negara lain sebesar 125.636 ton cukup besar bukan? hitung aja dan rupiahin berapa duit yang harus diberikan ke petani negara lain.

Ada yang tahu bahwa sejak tahun 1979 Indonesia sudah impor kacang tanah dari negara lain? Dan itu berlaku hingga tahun ini (2013), negara kita masih ketergantungan dengan negara lain. Padahal data dari FAO Indonesia menempati 7 produsen kacang tanah terbesar di dunia, namun masih belum mencukupi kebutuhan nasional sehingga harus impor dari negara yang produsennya lebih rendah dari Indonesia seperti India, vietnam, dll.

Ngomong rendahnya produksi kacang tanah salah satunya ya produktivitas kacang tanah yang diguanakan di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara lain seperti Cina, USA, Argentina, Brasil yang sudah mencapai diatas 2 ton/ha sedangkan Indonesia masih sekitar 1,26 ton/ha. Perbedaan yang masih sangat jauh, namun ada kelebihan ya itu umur panen yang ditanam di Indonesia masih tergolong genjah dibanding kacang tanah dari negara lain.

Bersambung…..