Ayo tani minimalis adalah kalimat ajakan bagi semua para pembaca untuk dapat melakukan bertani secara minimalis. Apa to tani minimalis itu? Apa saja fungsi dan manfaat dari bertani minimalis? Apa kita perlu melakukannya? Sulit gak ya melakukan itu?

page minimalis 1

Nah kita akan bahas lebih mendalam mengenai ATM (Ayo Tanam Minimalis), sebagai warga negara Indonesia kita wjib mensyukuri dengan keadaan alam yang sangat bersahabat dengan kita semua. Saya ingat dengan lagu koes plus bahwa tongkat kayu diubah jadi tanaman, hal ini menandakan bahwa tanah kita tanah surga ya semuanya bisa tumbuh subur dan menghasilkan. Lalu salahkah kita tidak memanfaatkannya? Salah tidaknya tergantung saudara dalam mengartikannya, namun sia-sia saja kita dilahirkan dibumi pertiwi yang indah dan subur jika kita tidak manfaatkan untuk hal yang positif.

Ayo tani minimalis adalah kalimat mengajak saudara untuk dapat melakukan bertani secara minimalis. Susahkah? Tentu tidak, bertani minimalis adalah memanfaatkan lahan kecil atau lahan sisa bahwkan lahan tidur yang tidak dimanfaatkan secara maksimal. Kita semua pasti memiliki taman, pekarangan, bahkan lahan kosong yang ga terawat. Sayang kan kalo tidak dimanfaatkan. Kan bisa menjadi hiburan dan meningkatkan nutrisi bagi keluarga anda sendiri. Kita dapat memaksimalkan dengan menanami buah-buahan atau sayuran yang dapat menunjang kebutuhan keluarga sendiri. “Saya kan bukan orang pertanian, ngapain saya peduli?” Kalau peduli harus orang pertanian kah? Tidak to, semuanya akan anda dapatkan dengan sangat berguna, anda akan lebih irit dalam pengeluaran untuk membelanjakan buah dan sayur. Lahan yang berukuran 1 meter persegi oun bisa dimaksimalkan untuk bertanam sayur atau buah. Apa lagi yang lahannya lebih dari 1 meter persegi, nampaknya jika kita berkeliling di daerah pasti menemukan lahan yang tidak dimaksimalkan.